Home » » Pentingnya Positif Thinking Dalam Dunia Usaha

Pentingnya Positif Thinking Dalam Dunia Usaha

Written By januari kristi on Thursday, October 25, 2012 | 7:15 PM

Namanya manusia pastilah pernah menghadapi berbagai masalah di dalam kehidupan kita. Biasanya, karena masalah yang kita hadapi tersebut akan membuat kita merasa tertekan sehingga kita menjadi tidak berkonsentrasi dalam bekerja.
Di dalam dunia usaha, masalah juga sering datang tanpa bisa kita cegah. Tidak ada satu pengusaha pun yang sengaja mengundang masalah dalam hidupnya. Tetapi, walau masalah tersebut tidak bisa kita cegah, kita harus memiliki cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di dalam usaha yang sedang kita jalankan. Bahkan kita bisa pula menemukan berbagai solusi untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana caranya?
Cara terbaik dalam mengatasi berbagai masalah adalah dengan positif thinking!
Positif thinking akan mampu mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi di dalam usaha yang kita jalankan. Mengapa demikian?

1. Ketika kita harus berhadapan dengan suatu masalah, yang terpikir oleh kita untuk pertama kalinya adalah berbagai hal terburuk dan paling negatif yang mungkin terjadi. Pikiran buruk dan hal-hal negatif yang mempengaruhi pikiran kita tersebut bukannya membuat hati menjadi tenang dan pikiran menjadi terang, tetapi malah sebaliknya yaitu mengakibatkan perasaan menjadi tidak karuan, cemas, takut bahkan mengganggu konsentrasi kita dalam berpikir dan menemukan jalan keluar terbaik.

2. Positif thinking akan membuat kita belajar dari pengalaman yang sudah kita lalui bahwa setiap masalah yang datang selalu akan disertai dengan berbagai jalan keluar. Jalan keluar tersebut tergantung pada diri kita sendiri, apakah kita mampu menemukannya ataukah tidak. Positif thinking akan membuat kita tidak akan memikirkan berbagai hal buruk yang terjadi. Kita menjadi lebih suka memikirkan saat sekarang dan berharap bahwa masa depan akan memberikan hal-hal terbaik di dalam hidup kita.

3. Positif thinking membuat kita menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi masalah tersebut. Dengan kepercayaan diri itu pula maka akan mudah bagi kita untuk bertahan walau masalah yang menerpa usaha kita cukup berat.

4. Dengan positif thinking, fokus kita untuk mencari solusi jauh meningkat. Solusi tersebut haruslah ditemukan dan bukannya ditunggu. Ada banyak cara untuk menemukan solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang datang seperti dengan bertukar pikiran dengan orang-orang yang lebih berpengalaman, mengadakan diskusi dengan orang-orang yang terkait dengan masalah tersebut, bahkan kita bisa menemukan solusi dari membaca berbagai buku dan artikel yang berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi.

5. Pikiran negatif membuat tubuh dan pikiran kita menjadi dua kali lipat lebih lelah. Hal tersebut jelas menjadikan kita menjadi tidak produktif, bahkan semangat kita dalam menjalankan usaha pun menjadi menurun. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita lebih mengedepankan pikiran positif daripada berpikiran negatif dalam menjalankan usaha kita tersebut.

Di dalam menjalankan suatu usaha, tidak ada satu usaha pun yang sejak berdirinya hingga mencapai kesuksesan dapat berjalan mulus dan lancar tanpa hambatan. Akan ada banyak sekali rintangan yang harus kita lewati setahap demi setahap sampai akhirnya usaha kita menunjukkan hasil yang kita harapkan.
Masalah di dalam dunia usaha itu sangat kompleks. Para pengusaha harus berhubungan dengan banyak orang seperti para pekerja yang bertugas menjalankan berbagai kepentingan untuk kemajuan usaha, bekerja sama dengan para suplier, bekerja sama dengan distributor dan sebagai pengusaha, kita juga harus berhubungan langsung dengan para pelanggan potensial kita untuk menjaga hubungan baik.
Sebagai seorang pengusaha, kita juga harus berhadapan dengan bahan baku, ketersediaan bahan, kualitas hasil produksi dan hal-hal lainnya dalam produksi produk-produk usaha kita. Ketidaksiapan, kekurangan rencana yang matang, jelas akan menjadi masalah besar yang mengancam keberhasilan usaha kita ini.
Semua hal tersebut merupakan pemicu yang dapat membuat usaha kita menghadapi masalah. Besar kecilnya masalah tersebut tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika kita menganggap bahwa masalah tersebut adalah masalah kecil, maka demikianlah kelihatannya. Namun jika kita beranggapan bahwa masalah yang sedang kita hadapi tersebut adalah masalah besar, maka jelas masalah tersebut akan menjadi semakin besar dan tampak berat.
Mengembangkan pikiran positif atau positif thinking di dalam diri akan sangat menguntungkan bagi kita karena pikiran positif akan membuat kita melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Pikiran positif juga lebih mengedepankan kepentingan banyak orang, beroerientasi pada masa depan serta berusaha untuk memberikan yang terbaik, baik itu bagi orang lain, bagi usaha yang sedang dijalankan serta bagi diri sendiri.
Jika kita terbiasa berpikiran positif atau positif thinking maka akan lebih mudah bagi kita dalam menjalin hubungan kerja sama dengan orang lain demi perkembangan usaha yang sedang kita jalankan. Di lain pihak, kita juga menjadi pribadi yang ramah, menyenangkan, antusias serta menjadi sosok pengusaha yang memiliki attitude yang baik.
Tanpa kita sadari, pikiran positif tersebut dapat dengan mudah terpancar dari diri kita di mana kita akan menjadi lebih mudah untuk memulai kerja sama bahkan dengan orang-orang yang baru kita kenal. [MA/kabarukm.com]
Share this article :

Post a Comment

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM BERKOMENTAR :

1. BAGIKAN/SHARE agar artikel ini juga di baca oleh orang lain.
2. Sebelum berkomentar silakan Like Fans Page Facebooknya.
3. Silakan berkomentar apapun dengan bahasa yang sopan.
4. Jika produk kami sesuai dengan anda silakan SMS di 089606442319.

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.
Pepatah mengatakan "Anda Sopan, Kamipun Segan".

Terima kasih

 
Support : Creating Website | Template | Template
Copyright © 2011. KRISMA FASHION - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Template
Proudly powered by Blogger